Merencanakan dapur impian

Dirumah kami bisa dikatakan bahwa dapur adalah jantung rumah kami. Hal ini juga senada dengan tren perkembangan hunian modern. Dimana dapur dimasa sekarang bukan lagi diletakkan terpencil dan tersembunyi seperti rumah – rumah dahulu umumnya. Hunian modern menempatkan dapur di tengah rumah ataupun bagian depan rumah.
Pada masa kini dapur merupakan salah satu tempat berkumpulnya keluarga atau menerima tamu. Kehangatan suasanapun bisa terbentuk dengan adanya acara masak bersama. Dan urusan masak memasak bukan lagi menjadi dunia hawa namun para lelakipun sekarang tidak lagi sungkan untuk turun ke dapur. Tapi tunggu dulu untuk memiliki dapur impian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya : Bentuk dapur, area penyimpanan, pencahayaan, keamanan
BENTUK DAPUR

Bentuk dapur secara garis besar dapat dibuat seperti bentuk huruf L, U, I (single line), II (double line). Untuk dapur yang relatif kecil cenderung menggunakan bentuk I, dimana letak kompor, sink serta area kerja menjadi 1 garis.

Bentuk dapur I (single line)Dokumentasi DayandraDeskon

Bentuk dapur I (single line)
Dokumentasi DayandraDeskon

Contoh dapur diatas adalah berbentuk I (single line), dapur tersebut menjadi satu ruangan dengan ruang makan. Pada dapur single line tersebut berturut-turut terpasang lemari es(storage), sink, meja kerja dan kompor.
AREA PENYIMPANAN

Perlu dipersiapkan letak serta bentuk area penyimpanan alat serta bahan didapur. Tempat penyimpanan bisa berupa lemari es (untuk bahan makanan segar), kabinet atas ataupun bawah.
PENCAHAYAAN

Pencahayaan didapur umumnya terbagi menjadi 2 yaitu, cahaya alami dan cahaya buatan.

Cahaya alami didapat dari jendela, pintu  didapur yang terhubung langsung dengan sumber cahaya bumi (matahari) . cahaya alami juga bisa didapat dari bentuk dapur yang berbentuk bukaan (tanpa dinding).

Sumber cahaya alami pada dapur terbuka

Sumber cahaya alami pada dapur terbuka

cahaya buatan

Cahaya  buatan bersumber dari lampu. Selain untuk penerangan penempatan lampu yang tepat akan mempercantik dapur dan membuat dapur semakin menawan. Saat malam tiba, tidak ada lagi sinar matahari tentulah kita sangat membutuhkan pencahayaan lampu. Pencahayaan buatan dapat dibuat secara general dan lokan (downlight). kita dapat menggunakan salah satu atau kombinasi keduanya.

Sumber bahaya lampu downlight pada dapur

Sumber bahaya lampu downlight pada dapur

KEAMANAN

Keamanan didapur adalah sesuai yang penting untuk dipikirkan, apalagi kalau dirumah tersebut ada anak kecil. Misalnya saja tempat penyimpanan alat potong (pisau, gunting, serta alat tajam) harus ditempatkan jauh dari jangkauan anak.

Kompor merupakan barang panas yang perlu diawasi dari jangkauan anak. Begitu juga selang serta tabung gas yang rentan terhadap kebocoran gas. Usahakan tabung gas diletakkan dekat area bukaan, agar saat terjadi kebocoran gas tidak terjebak didalam dapur.

FUNGSI VS BENTUK

Memiliki dapur yang gaya nan cantik tentu menyenangkan. Namun, perlu dipikirkan saat memilih warna dan aksen cantik pada dapur, tidak asal memilih. Pilihlah sesuai konsep dapur dan cocok dengan komponen dapur yang lain dan yang terpenting adalah  penataan dapur lebih efisien, praktis serta sesuai keperluan kita. jangan sampai kita membeli barang yang cantik namun ukurannya terlalu besar untuk dapur kita sehingga hal tersebut akan merugikan. Bentuk yang cantik tapi tidak sesuai fungsi yang kita harapkan apalah gunanya.

This entry was posted in dapur, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s